Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Tips Bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak-Anak

Anak-anak khas dengan senyum mereka yang ceria dan sehat, ketika anak-anak kita tersenyum dengan riang gembira maka tentu saja kita sebagai orang tua akan turut merasa senang. Harapan orang tua secara umum sama, tetapi bagaimana jika kemudian gigi anak berlubang? Pasti akan mengganggu keceriaan anak-anak kita, aktivitasnya akan terhenti, wajahnya sedih dan murung, dan tentu saja akan menganggu produktivitas anak.

gigi anak yang baru tumbuh
foto gigi anak yang baru tumbuh
Untuk mencegah gigi berlubang pada anak sebenarnya cukup sederhana, selain kebersihan mulut yang baik, diet dan asupan nutrisi yang seimbang, serta diikuti oleh beberapa langkah-langkah pencegahan (prevetif) dalam kedokteran gigi. Hal ini bertujuan untuk jangka waktu yang panjang, kita tidak ingin gigi anak sehat hanya di waktu mereka kecil, bahkan pada masa usia berikutnya, seperti pada saat remaja, hingga kelak dewasa, sebaiknya senyum sehat mereka tetap terjaga.

Rajin Mengunjungi Dokter Gigi
Lalu bagaimana cara yang tepat? Diantaranya yaitu, kunjungan ke dokter gigi harus menjadi suatu kebutuhan, bukan lagi menjadi akhir dari keluhan yang tidak bisa diatasi oleh penggunaan obat-obatan yang tidak menyelesaikan masalah. Kita sebaiknya menjadikan kunjungan ke dokter gigi menjadi suatu “kewajiban” dengan anjuran dari para dokter gigi yaitu minimal enam kali sebulan, atau dua kali setahun, itu jika tidak terdapat gangguan serius yang terjadi. Jumlah ini bisa bertambah jika misalnya terdapat gangguan serius yang terjadi pada gigi dan gusi.

Mencegah Dengan Sealant dan Aplikasi Fluorida
Langkah selanjutnya yaitu menerapkan langkah-langkah pencegahan tertentu seperti penempatan sealant dan pernis fluoride, ini adalah langkah yang masuk dalam tataran pencegahan agar gigi anak tidak berlubang, penempatan sealant berguna untuk menutupi daerah ceruk dan alur permukaan gigi anak yang sangat rawan pada terjadinya kejadian gigi berlubang, sebagaimana diketahui bahwa gigi anak sangat rentang dengan makanan kaya gula seperti permen, dan makanan lengket lainnya. Penempatan sealant, dapat mencegah terjadinya gigi berlubang secara efektif. Lalu penambahan fluoride juga merupakan langkah untuk membuat reaksi fluor dan kalsium pada gigi sehingga membuat permukaan gigi menjadi tahan terhadap proses demineralisasi (gigi berlubang).

Teknik Menyikat Gigi Yang Tepat
Mengajarkan teknik menyikat gigi yang tepat bagi anak dan memonitor keefektifannya, dapat mendiagnosa masalah bagi orang tua yang mungkin tak terlihat, jika terdapat masalah yang ditangani secara dini dapat mencegah komplikasi perawatan yang mungkin saja lebih mahal, misalnya butuh untuk ditambal.

Konsumsi Makanan Sehat
Salah satu penyebab utama kerusakan gigi adalah frekuensi konsumsi gula dan / atau asam dalam makanan seperti soda, permen, coklat, dll. Makanan ini harus ditawarkan kepada anak-anak sebagai hadiah. Sebaiknya anak kita diberikan sayuran seperti wortel, keju atau buah-buahan seperti apel yang juga mengandung gula, gula buah tidaklah menyebabkan gigi berlubang, karena ini berbed dengan fraksi gula yang dimiliki oleh gula yang umum digunakan di dapur.

Jadi untuk membuat anak-anak kita bebas dari masalah gigi berlubang maka  jauh lebih efektif untuk mencegah dibandingkan kita harus mengobati, belum lagi jika harus mendapatkan perawatan gigi maka anak-anak adalah kelompok usia yang paling takut dengan jarum suntik dan bor gigi.

Mengetahui Bagaimana Cara Membersihkan Gigi Yang Tepat
Pendidikan yang dimiliki orang tua sangat penting untuk memberi  penjelasan yang benar bagaimana cara membersihkan gigi anak-anak. Jika orang tua tidak tahu bagaimana cara yang benar, maka tentu saja anak-anak tidak akan mengetahuinya. Penyebab utama kerusakan gigi adalah kurangnya kebersihan mulut atau, sebaliknya, kebersihan yang buruk, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa hal itu tidak hanya dilakukan setiap hari, tetapi dilaksanakan secara efektif dan dengan cara yang tepat. Pembersihan gigi efektif harus dilakukan setelah makan, seperti disaat kita kita mencuci tangan sebelum makan. Jika secara bertahap orang tua dapat mengajarkan hal ini kepada anak-anak, dari waktu ke waktu, maka orang tua tidak perlu mengingatkan kewajiban itu, dan itu dianggap sebagai rutinitas atau kebiasaan oleh anak-anak.
0 Komentar untuk "Tips Bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak-Anak"

Back To Top