Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Rongga Mulut Pintu Sistem Pencernaan Kita

gambar rongga mulut Rongga mulut adalah pintu awal masuknya makanan ke dalam tubuh kita. Karena itu rongga mulut memainkan peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai salah satu bagian dari sistem pencernaan ia merupakan pintu gerbang dimana didalamnya terjadi proses kompleks yang dijalankan oleh fungsi gigi, kelenjar ludah dan lidah

Sebagai gerbang sistem pencernaan rongga mulut menjadi tempat masuknya makanan dalam saluran pencernaan. Rongga mulut terdiri dari banyak struktur yang sangat penting seperti langit-langit, lidah, gigi dan beberapa pasang kelenjar ludah seperti yang disebutkan di atas. Setiap bagian melakukan fungsi tertentu.

Adapun empat fungsi penting yang dijalankan oleh rongga mulut kita adalah sebagai berikut :

1. Pemilihan Makanan
2. Penghalusan Makanan
3. Pelumasan
4. Pencernaan (merupakan bagian keselauruhan)

1. Pemilihan Makanan
Fungsi rongga mulut yang pertama adalah memilih makanan dengan rasa. Makanan dengan rasa yang tidak menyenangkan atau buruk akan ditolak. Dalam pemilihan makanan, penglihatan dan bau memainkan peranan yang penting. Faktor sosial dan faktor psikologis juga terlibat dalam memilih jenis makanan tertentu.

2. Penghalusan Makanan
Setelah makanan berada dalam rongga mulut, maka akan dilakukan tindakan pengunyahan untuk menghaluskan makanan. Gigi, lidah dan pipi semua mengambil bagian dalam menghaluskan makanan secara fisik dan hingga menjadi potongan kecil. Kerja enzim dalam rongga mulut akan mudah bekerja pada partikel makanan yang berukuran kecil.

3. Pelumasan
Proses pelumasan dan pencernaan dalam rongga mulut dimulai hingga makanan dipecah menjadi potongan-potongan kecil. Tiga pasang kelenjar ludah mengeluarkan ludah yang terdiri atas :
1. Air dan mukus
2. Natrium bikarbonat dan garam lainnya
3. Enzim - Amilase atau ptyalin

Air dan mukus
Air dan mukus secara bersamaan membuat cairan dengan komposisi mukus atau sedikit kental yang terutama membasahi dan melumasi makanan yang tertelan. Dalam rongga mulut, fungsi pembasahan dan pelumasan penting. Makanan dapat dikunyah secara efisien untuk memungkinkan cairan pencernaan memasuki bagian makanan.

Natrium bikarbonat
garam Natrium bikarbonat dan lainnya menstabilkan pH makanan meskipun merupakan antiseptik. 

Amilase
Amilase (Ptyalin) adalah enzim karbohidrat yang menghidrolisis pati dan glikogen untuk maltosa.

0 Komentar untuk "Rongga Mulut Pintu Sistem Pencernaan Kita"

Back To Top